RSS

Rabu, 06 Mei 2015

TUGAS KEWIRAUSAHAAN 2# (PROPOSAL WIRAUSAHA)



PROPOSAL USAHA KURSUS
KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS GUNADARMA
 USAHA KEBAB BUAH BUAHAN

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ46kT_LI7vHafukg45Ad4GfZ4BekKRl60-UgK-K4YZjl0skaH_hwhttp://oleholehkhassurabayaa.files.wordpress.com/2012/12/tempat-jual-oleh-oleh-di-surabaya.jpeg
         
Disusun oleh kelompok 4
Terdiri dari :
Ø Andhika Mahriadi                  (40213887)
Ø Esra Berliana BR.S                 (42213981)
Ø Rahmalia Putri                        (47213170)
Ø Risthi Sagita Anwar                (47213825 )
Ø Sekar Dewi Damayanti           (48213341)




UNIVERSITAS GUNADARMA
2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridoannya,kami bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Allah akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, investor, dan umumnya masyarakat.
Ayo Icip yaitu nama yang kami buat untuk kegiatan usaha ini,yang begerak di bidang produksi kebab buah buahan.Dalam penulisan tugas proposal ini kami masih merasa banyak kekurangan baik pada teknis maupun materi,mengingat akan kemampuan yang kami miliki untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan proposal ini.
Harapan kami  semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan fikiran bagi pihak yang membutuhkan khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.











i
DAFTAR   ISI

Kata Pengantar…………………………………………………….            i
Daftar Isi ……………………………………………………………           ii
BAB  I PENDAHULUAN …………………………………………           1
1.1  Latar Belakang ………………………………………………………………                 1
1.2  Visi dan Misi…………………………………………………………………                 1
1.3  Motto ………………………………………………………………………..                 1
1.4  Data Perusahaan …………………………………………………………….                 2
1.5  Data Pribadi Karyawan ……………………………………………………..                 3
BAB II ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN…………….               4
2.1 Produk pasar dan pemasaran ………………………………………………..                 4         
2.2 Bauran Pemasaran …………………………………………………………..                  5
2.3 Analisa SWOT ……………………………………………………………….                5
2.5  Place
BAB III ANALISIS PRODUKSI
3.1 Bahan baku
3.2 Proses Pembuatan
3.3 Kapasitas Produksi
BAB IV ANALISIS SDM
4.1 Struktur organisasi
4.2 Analisis kompetensi SDM


ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Ayo Icip!!! Dibuat oleh 6 mahasiswa Gunadarma yang akan menguasai kuliner Indonesia. Ayo Icip!!! Perusahaan dibidang kuliner yang berdiri pada tahun 2014. Dengan lokasi tempat Margonda-Kelapa dua. Ayo Icip!!!Menyajikan kebab berisi buah buahan yang bergizi dan menyehatkan , selain itu harga yang terjangkau bagi kantong mahasiswa. Uniknya lagi, walaupun isi kebabnya buah buahan seperti Apel,Strawberry,Mangga tapi topingnya tetap coklat,keju,susu  dan lainnya yang sesuai selera dan tetap dibalut kulit kebab.
1.2  Visi dan Misi
Visi 
menjadikan perusahaan AYO ICIP menjadi perusahaan yang paling berpengalaman paling cepat melayani,jujur dan yang terbaik di Indonesia
Misi
1.membuat makanan tinggi kolestrol menjadi rendah kolestrol
2.berinovasi baik dalam produk maupun cara penjualan
3.mampu bersaing dengan perusahaan yang lebih dahulu berdiri
4.menciptakan cita rasa yang baru,higienis dan bergizi
1.3 Motto
Sekali icip  langsung NAGIH !!!!







1
1.4 Data Perusahaan

Nama Perusahaan
PT. AYO ICIP
Bidang Usaha
Makanan
Jenis Produk atau Jasa
Kebab Buah
Alamat Perusahaan
Jl. Kenari No166
Rt04/Rw06 Beji
Depok, Jawa Barat
Nomor Telepon
021-7520661
Alamat Email,Twitter,Facebook

Mulai Berdiri
Sejak tahun 2014

                                                     
1.6            Data Pribadi Karywan

Nama
Andhika Mahariadi
Tempat , tanggal lahir
Depok, 16 April 1996
Jenis kelamin
Perempuan
Agama
Islam
Status
Belum Kawin
Alamat
Jl. Kenari No166
Beji, Depok Utara
Nomer telp
081298293496
Jabatan
CEO

Nama
Esra Berliana Br.S
Tempat ,tanggal lahir
Rantau prapat, 23 oktober 1994
Jenis kelamin
Perempuan
Agama
Kristen Protestan
Status
Belum Kawin
Alamat
Jl. SMA NEG 64 nomer 86
Cipayung,Jakarta Timur
Nomer telp
085371567331
Jabatan
Manager Marketing



2
Nama
Rahmalia Putri
Tempat ,tanggal lahir
Bekasi,7 januari 1992
Jenis kelamin
Perempuan
Agama
Islam
Status
Belum Kawin
Alamat
Jl.assafiyah
Cilangkap,Jakarta Timur
Nomer telp
081287398865
Jabatan
Manager Produksi

Nama
Risti Sagita Anwar
Tempat ,tanggal lahir
Purwokerto,18 maret 1996
Jenis kelamin
Perempuan
Agama
Islam
Status
Belum Kawin
Alamat
Pci Block C 8 No 23
Nomer telp
081906029258
Jabatan
Manager Produksi


Nama
Sekar Dwei Damayanti
Tempat ,tanggal lahir
Jakarta ,7 april 1995
Jenis kelamin
Laki –laki
Agama
Islam
Status
Belum Kawin
Alamat
Perm . pondok bambu kuning
Block Delta nomer 5
Nomer telp
089698473719
Jabatan
General Manager







3
BAB II
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk Pasar dan Pemasaran
Kebab buah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaEE-WnwEbcVCpXszkMeDuZ56KvlbffX2cdjq-0Jbe93Kv2Kab8saaD0sYe0odkx7kfoRBesmgOKIHRS-40QljHxueHlfdAl_mDEycvufB68ohOF-Lb3FODDan0A46LuivB-BZnQ2yK1Hl/s1600/155931_133547740133961_420346582_n.jpg


https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ46kT_LI7vHafukg45Ad4GfZ4BekKRl60-UgK-K4YZjl0skaH_hw












4
http://oleholehkhassurabayaa.files.wordpress.com/2012/12/tempat-jual-oleh-oleh-di-surabaya.jpeg

2.2  Analisis 4P
Produk : Kebab.
Price      : Rp 10.000/small
                RP 15.000/large
Promosi : Kami mempromosikan produk kami dari mulut ke mulut .
 Place     : Kisaran kelapa dua – Margonda  .









5
2.3 Analisi Swot
FAKTOR INTERNAL









FAKTOR EKSTERNAL
STRENGTH(S)
·         Pembuatan yang terbilang mudah.
·         Aman dan bergizi untuk dikonsumsi,karna menggunakan buah-buahan.
WEAKNESS(W)
·         Sulit mencari customer yang menyukai buah-buahan.
·         Tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.
OPPORTUNITY(O)
·         Minat konsumen yang tinggi.
·         Tidak banyak orang yang menjual kebab buah.
SO
·         Meningkatkan pemasaran dalam bidang kuliner.
·         Biaya untuk membeli kebab buah cukup terjangkau.
WO
·         Memperjelas job deskripsi tiap karyawan.
·         Menumbuhkan rasa kepemilikan dan bangga pada karyawan.
THREATH(T)
·         Buah tidak tahan lama.
·         Banyak pesaing.


ST
·         Membentuk kekeluargaan antar sesama.
·         Membina hubungan dengan konsumen dan mengikat dengan kegiatan yang telah terstruktur.
WT
·         Menciptakan cita rasa yang baru sehingga konsumen tidak bosan dan lebih tertarik.


6
2.4 Target Segmentasi Pasar 
1. Segmentasi Geografis
Pada segmentasi geografis, pasar dibagi menurut tempat. Teori dalam strategi ini adalah bahwa orang yang tinggal di daerah yang sama memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa, dan bahwa kebutuhan dan keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan orang-orang yang tinggal di daerah-daerah lain. Sebagai contoh, penjualan produk makanan tertentu dan/atau bermacam-macam makanan lebih baik di satu daerah daripada di berbagai daerah lain. Misalnya, nasi gudeg penjualan paling baik di Yogyakarta, sate ayam penjualan paling baik di Madura, buah apel penjualan paling baik di Malang, dll.

Segmentasi geografis merupakan strategi yang berguna bagi banyak pelaku pemasaran. Menemukan berbagai perbedaan berdasarkan geografis relative mudah untuk berbagai produk. Di samping itu, segmen-segmen geografis dapat dicapai dengan mudah melalui media local, yang mencakup surat kabar, TV, radio, dan majalah.

2. Segmentasi Demografis
Karakteristik demografis yang paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar antara lain:
  • Usia,
  • Gender (jenis kelamin),
  • Status perkawinan,
  • Pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan, dsb.
Demografis membantu menemukan pasar target atau sasaran. Informasi demografis merupakan cara yang paling efektif dari segi biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali target. Data-data demografis lebih mudah diukur daripada berbagai variabel segmentasi lain. Berbagai variabel denografis mengungkapkan kecenderungan yang memberikan isyarat berbagai peluang bisnis, seperti pergeseran usia, jenis kelamin, dan distribusi penghasilan.

7
3.     Segmentasi Psikologis
Karakteristik psikologis merujuk ke sifat-sifat diri atau hakiki konsumen perorangan. Strategi segmentasi konsumen sering didasarkan pada berbagai variabel psikologis khusus. Misalnya, para konsumen dapat dibagi menurut motivasi, kepribadian, persepsi, pengetahuan, dan sikap.Dari ketiga segmentasi di atas, perusahaan kami menggunakan segmentasi geografis karena dilakukan penjualan di sekitar kampus Universitas Gunadarma, pada segmentasi demografis, perusahaan kami menjual pada usia sekitar 10 tahun ke atas yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, sedangkan pada segmentasi psikologis, perusahaan kami memberikan motivasi untuk konsumen agar mengkonsumsi makanan yang lezat namun bergizi.













8
BAB III
ANALISIS PRODUKSI

3.I Bahan Baku dan alat yang digunakan
Bahan
·         Bahan kulit:
-          Tepung terigu
-          Mentega cair
-          Air
·         Bahan isi:
-          Strawberry
-          Kiwi
-          Aple
-          Mangga
-          Selai Coklat/strawberry
-          Keju
-          Mentega
·         Alat
-          Teflon
-          Sodet kayu
-          Kompor
-          Penjepit makanan
-          Pisau
-          Talenan
-          Piring

9
3.2  PROSES PEMBUATAN
·         Proses Pembuatan Kulit Kebab
-          Lelehkan mentega kurang lebih 100 gr lalu dinginkan.
-          Tuang kedalam terigu yang sudah di tempatkan
-          Tambahkan air secukupnya aduk hingga rata.
-          Tuang adonan dalam teflon.
-          Ratakan adonan dan masak hingga sedikit kering.
-          Lakukan hingga adonan habis.
-          Setelah adonan habis, dan dingin mulailah menyusun isi kebab
·         Proses Pembuatan Kebab
-          Masukan buah-buahan yang sudah di potong ke dalam kulit, susun dengan rapih
-          Tuangkan saos coklat/strawberry diatasnya
-          Taburi dengan keju parut, tutup roti agar isi tida tumpah
-          Oles teflon dengan margarine, panaskan
-          Masukan kebab kedalam teflon
-          Balik kebeb beberapa kali agar kebab matang merata, angkat. Kebab siap di sajikan.
KAPASITAS PRODUKSI PT  AYO ICIP/6 BULAN
No
Tanggal
Pendapatan perbulan
Penambahan produksi
1
31 Desember
Rp.656.250
100 kebab buah
2
31 Januari
Rp.898.500
110 kebab buah
3
28 Februari
Rp.973.500
120 kebab buah
4
31 Maret
Rp.1.044.750
130 kebab buah
5
30 April
Rp.1.116.000
140 kebab buah
6
31 Mei
Rp.1.188.750
150 kebab buah
PT. AYO ICIP setiap bulannya  mengalami kenaikkan pendapatan dan menambah kapasitas produksinya 10 kebab buah perbulannya..
10
BAB IV
ANALISIS SDM

4.1 Struktur Organisasi


 









                                                                                                                                   
4.2  Analisa Kompetensi SDM
Tingkat Pendidikan
Jumlah
SD
-
SMP
-
SMA
5


11
Bagian / Dept
Jumlah
CEO
1
General Manager
1
Manager Marketing
1
Manager Produksi
2

a.       CEO adalah jabatan tertinggi disuatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan.
b.      General Manager adalah manajer yang memiliki tanggung jawab kepada seluruh bagian / fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi.
c.       MARKETING MANAGER adalah memperkenalkan , mempromosikan , suatu barang/jasa dari perusahaan untuk diperkenalkan kekonsumen melalui secara langsung, media masa/media cetak.
d.      PRODUCTION MANAGER adalah menciptakan ide-ide kreatif untuk menciptaka suatu barang/jasa, supaya konsumen dapat menyukai produk dari perusahaan tersebut.








12

BAB V
ANALISA KEUANGAN

5.1 Modal Usaha
Modal Pinjaman Gunadarma
Rp. 400.000,-
Modal tambahan
Rp. 158.000,-
Jumlah Modal
Rp. 558.000,-


5.2 Penentuan Harga Pokok Produksi
* Bulan pertama-ketiga



13
Penentuan biaya operasional


Penentuan Biaya Operasional
14

Penentuan Biaya Operasioanal
Harga Pokok Produksi
(Biaya Produksi + Biaya Operasional) : Jumlah Unit
(426000 + 9000) : 120
 Rp                                                  3,625








15
* Bulan Keempat-Keenam

Penentuan Biaya Operasional




16

Penentuan Biaya Operasional
Harga Pokok Produksi
(Biaya Produksi + Biaya Operasional) : Jumlah Unit
(536000 + 9000) : 140
 Rp                                                      3,893








17

Penentuan Biaya Operasional
No.
Keterangan
Jumlah
Unit
 Harga Satuan
 Harga Total
1
Biaya Adm dan Umum





a. Biaya Cetak Laporan
5
Lembar
 Rp                200
 Rp         1,000

b. Biaya Adm
1

 Rp             8,000
 Rp         8,000

Total Biaya Adm & Umum



 Rp         9,000

Total Biaya Operasional



 Rp         9,000

Harga Pokok Produksi
(Biaya Produksi + Biaya Operasional) : Jumlah Unit
(591000 + 9000) : 150
 Rp                                                        4,000





18
5.3 Laporan Laba Rugi
Laporan Laba Rugi
Kelompok Usaha AYO ICIP
periode yang berakhir pada tanggal 31 desember 2014
Laporan Laba Rugi
Kelompok Usaha AYO ICIP
periode yang berakhir pada Tanggal 31 Januari 2015
19
Laporan Laba Rugi
Kelompok Usaha AYO ICIP
periode yang berakhir pada Tanggal 28 Februari 2015
Laporan Laba Rugi
Kelompok Usaha AYO ICIP
periode yang berakhir pada Tanggal 31 Maret 2015

20
Laporan Laba Rugi
Kelompok Usaha AYO ICIP
periode yang berakhir pada Tanggal 30 April 2015

Laporan Laba Rugi
Kelompok Usaha AYO ICIP
periode yang berakhir pada Tanggal 31 Mei 2015
21
5.4 Laporan Perubahan Modal
22













23
5.5 Laporan Arus Kas
LAPORAN ARUS KAS
KELOMPOK USAH AYO ICIP
PERIODE YANG BERAKHIR TANGGAL 31 DESEMBER 2014





24
LAPORAN ARUS KAS
KELOMPOK USAH AYO ICIP
PERIODE YANG BERAKHIR TANGGAL 31 JANUARI 2015






25
LAPORAN ARUS KAS
KELOMPOK USAH AYO ICIP
PERIODE YANG BERAKHIR TANGGAL 28 FEBRUARI 2015






26
LAPORAN ARUS KAS
KELOMPOK USAH AYO ICIP
PERIODE YANG BERAKHIR TANGGAL 31 MARET 2015






27
LAPORAN ARUS KAS
KELOMPOK USAH AYO ICIP
PERIODE YANG BERAKHIR TANGGAL 30 APRIL 2015






28
LAPORAN ARUS KAS
KELOMPOK USAH AYO ICIP
PERIODE YANG BERAKHIR TANGGAL 31 MEI 2015






29
5.6 Laporan Neraca
LAPORAN NERACA
KELOMPOK USAHA AYO ICIP
AWAL PERIODE 01 DESEMBER 2014

LAPORAN NERACA
KELOMPOK USAHA AYO ICIP
AWAL PERIODE 31 DESEMBER 2014


30
LAPORAN NERACA
KELOMPOK USAHA AYO ICIP
AWAL PERIODE 31 JANUARI 2015

LAPORAN NERACA
KELOMPOK USAHA AYO ICIP
AWAL PERIODE 28 FEBRUARI 2015



31
LAPORAN NERACA
KELOMPOK USAHA AYO ICIP
AWAL PERIODE 31 MARET 2015
AKTIVA
PASIVA
Aktiva Lancar

Hutang Lancar

Kas
 Rp  3,973,000
Hutang ke Gunadarma
 Rp     132,000
Piutang Usaha



Total Aktiva Lancar
 Rp  3,973,000
Total Hutang
 Rp     132,000




Aktiva Tetap

Modal

Peralatan

Modal Anggota
 Rp     268,000
Perlengkapan

Laba
 Rp  3,573,000
Total Aktiva Tetap
 Rp                   -
Total Modal
 Rp  3,841,000




Total Aktiva
 Rp  3,973,000
Total Pasiva
 Rp  3,973,000

LAPORAN NERACA
KELOMPOK USAHA AYO ICIP
AWAL PERIODE 31 APRIL 2015
32

LAPORAN NERACA
KELOMPOK USAHA AYO ICIP
AWAL PERIODE 31 MEI 2015













33

Selasa, 07 April 2015

WAWANCARA DENGAN SEORANG WIRAUSAHAN



TUGAS KEWIRAUSAHAAN#

DISUSUN OLEH :

ANDIKA MAHRIADI                      40213887
ESRA BERLIANA BR S                   42213981
RAHMALIA PUTRI                         47213170
RISTHI SAGITA ANWAR               47213825
SEKAR DEWI DAMAYANTI 48213341

2DA01

PROGRAM DIPLOMA III BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN
AKUNTANSI KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013/2014



EVRIZ SOUVENIR and CRAFT

Dengan kerja kerasnya, modal kurang dari 100 ribu bisa mengekspor hingga ke mancanegara.
riauheadline_Rizki-Auliadi-Dahulu-Pemulung--Kini-Pebisnis-Ulung.jpg

Nama                                                  : Rizki Auliadi
Tempat dan Tanggal Lahir              : Bogor , 27 Januari 1988
Alamat KTP                                       : Jl Perintis Kemerdekaan belakang No 20B RT 04 RW 03 Kebon kelapa bogor           
Memulai Usaha                                 : Tahun 2007
Nama Usaha                                      : EVRIZ SOUVENIR and CRAFT
e-mail                                                  : rizkyauliadi@yahoo.com   
                EVRIZ Souvenir and Craft  adalah sebuah UKM yang bergerak di bidang Souvenir, aksesoris, dan gift berbahan dasar Clay. Clay dalam arti sesungguhnya adalah tanah liat, namun selain terbuat dari tanah liat, clay juga ada yang terbuat dari bermacam-macam bahan tetapi adonannya memiliki sifat seperti clay. Evriz  sudah berdiri sejak tahun 2007 dan sudah memproduksi jutaan souvenir dan aksesoris yang sudah dikirim ke berbagai daerah di indonesia temasuk ekspor ke mancanegara seperti Malaysia, Singapore , Brunei Darusalam, dan Hongkong. Tidak hanya memproduksi clay saja, Evriz  juga rutin memberikan pelatihan-pelatihan mengenai kewirusahaan dan workshop membuat beraneka ragam kreasi clay.
Dari kerja kerasnya dan doa sang ibulah yang menjadikannya seorang pengusaha sukses
Berawal tahun 2007 selaku owner dari evriz clay Rizki Auliadi , Laki-laki yang akrab disapa Rizki ini bukan anak yang berasal dari keluarga berada. Ia hanya seorang lulusan SMA yang merasakan sulitnya mencari pekerjaan. "Saya berusaha mendapatkan pekerjaan kemana-mana dan berkali-kali ditolak," terang Rizki sambil tersenyum. Rizki mengaku sempat depresi karena hal tersebut, hingga suatu hari ia tidak sengaja mendengar doa sang ibu. "Saya ingat betul ibu mendoakan saya sambil menangis," kata Rizki, Semenjak itu Rizki bangkit dan berjanji akan membahagiakan ibu dan keluarganya kelak.
Mimpi membahagiakan sang ibu dan keluarganya ia bahkan rela menjadi seorang pemulung.
Akhirnya ia mencoba berbagai pekerjaan kasar untuk memenuhi kebutuhan keluarga. "Saya sempat menjadi pemulung, pengamen, bahkan kuli bangunan," ujar Rizki. Usaha-usaha tersebut nyatanya tidak berhasil. Kebutuhan Rizki dan keluarga tetap tidak terpenuhi.
Ini bahan baku unik dan aman untuk anak-anak
Suatu hari seorang kerabat memberikan buku yang berisi mengenai kerajinan tangan berbahan dasar clay (sejenis tanah liat). Rizki membaca buku itu dengan seksama, kemudian ia tergerak untuk mulai bereksperimen, membuat kerajinan tangan dari clay yang ia beli dari uang hasil penjualan kasur bekas. Tidak hanya sampai di situ, Rizki kemudian memasarkan hasil kreasi clay yang telah ia buat. Rizki menjelaskan dengan semangat, "Saya jual produk eksperimen itu di pinggir jalan dan ternyata laku."
CLAY  yang  EVRIZ  pakai ada 2 jenis:
1.Clay Local (Tepung Terigu)
Clay lokal terbuat dari tepung terigu yang di campur dengan lem putih (PVAC), natrium benzoat, dan tepung beras  pada takaran tertentu.
2.Polymer Clay Import
Bahan polymer clay yang kita gunakan sudah bersetifikat oleh ACMI (Art & Creative Material institute ) yaitu badan internasional yang memberikan jaminan bahwa bahan yang di gunakan aman dari racun dan aman dipakai oleh anak ana.
images.jpg

Dari Berjualan di pinggir jalan hingga mancanegara omset mencapai puluhan juta rupiah
Respon yang baik dari masyarakat sekitar memacu Rizki kembali memutar otak untuk menemukan solusi guna memperluas pasar. Akhirnya ia memutuskan untuk memasarkan produk melalui media sosial karena dinilai sedang trend di kalangan anak muda, target pasar utamanya. Saat ini Evriz Clay sudah memproduksi jutaan souvenir dan aksesoris yang sudah dikirim ke berbagai daerah di indonesia termasuk ekspor ke mancanegara seperti Malaysia, Singapore , Brunei Darusalam, dan Hongkong. Saat ini, selain mengelola Evriz Souvenir and Craft. Dari ide untuk mencoba membuat clay rizki hanya mengeluarkan modal berkisar hanya kurang dari Rp. 100.000 rupiah, Hingga omset saat ini sudah mencapai puluhan juta rupiah. Rizki juga aktif memberikan pelatihan, baik dari segi kreativitas, maupun promosi produk. Ia aktif tercatat sebagai seorang trainer di sebuah komunitas UKM, Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru. 
Menurutnya kesuksesan berhasil ketika diri kita menjadikan orang lain menjadi lebih baik
Kesuksesan yang ia raih saat ini tidak membuat Rizki melupakan masa-masa sulit yang sebelumnya ia alami. Bercermin dari masa lalunya, Rizki kini mempekerjakan anak-anak muda berlatar pendidikan rendah, yang sehari-hari berprofesi sebagai pengamen, untuk mendukung proses produksi di toko offline-nya yang terletak di bilangan Bogor.
Sukses menurut Rizki adalah ketika dirinya berhasil membawa dampak bagi lingkungan sekitar. "Kesuksesan adalah saat dimana kita mampu dan mau mengabdi kepada sekitar, membuat orang-orang yang ada di sekitar kita menjadi lebih baik," ujar Rizki dengan lantang.

Saat ini, selain mengelola Evriz Souvenir and Craft, Rizki juga aktif memberikan pelatihan, baik dari segi kreativitas, maupun promosi produk. Ia aktif tercatat sebagai seorang trainer di sebuah komunitas UKM, Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru. 

Adalah sebuah kepuasan tersendiri bagi Rizki jika kegiatan berbisnis juga diimbangi dengan kegiatan berbagi. "Jika bekerja hanya ditujukan untuk mengejar materi, kita tidak akan pernah merasa puas, maka sebaiknya kita tidak lupa mendedikasikan diri kepada sekitar," tutup Rizki.


Ini Contoh Produk dari EVRIZ SOUVENIR and CRAFT
3175616_aefcd7a4-a66f-11e3-a997-82a64908a8c2.jpgIMG.jpg
images1.jpg22034.jpg
Hasil wawancara