RSS

Jumat, 27 November 2015

Resume




Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi
Sumber daya komputer meliputi peranti keras dan peranti lunak serta file-file yang akan anda akses melalui sebuah jaringan. Kecepatan dan biaya komunikasi dan prosesor komputer akan mempengaruhi penggunaan sumber-sumber daya ini.

PERANTI KERAS
Komputer memiliki bermacam-macam kecepatan dan harga, namun semua memiliki fitur-fitur yang umum. Komputer besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi tersentralisasi disebut sebagai komputer mainframe, mendukung ratusan bahkan ribuan pengguna dan operasi secara sekaligus. Komputer mikro muncul ketika komputer digunakan oleh satu orang disebut sebagai komputer pribadi (personal computer) dan kini telah berkembang dan tersambung dengan komputer-komputer lain melalui internet.
Prosesor
Disebut pula sebagai unit pemrosesan pusat atau Central Processing Unit) adalah tempat dimana pemrosesan data dilakukan. Seiring dengan merosotnya biaya penggunaan tekhnologi informasi, perusahaan-perusahaan lebih banyak menggunakan sumber daya yang tidak mahal ini bagi pengambilan keputusan.
Komponen – Komponen Utama Komputer :
KOMPONEN
Processor(central processing unit atau CPU)

Memori(random accsess memory / ruang penyimpanan primer)

Ruang penyimpanan (ruang penyimpanan disk/penyimpanan sekunder)

Alat input(Input device)

Alat Output(Output device)

Alat input/output (input/output device)


KECEPATAN PROSESOR, diukur oleh jumlah siklus yang terjadi per detik, dan angka ini telah berkembang dengan sangat cepat selama beberapa tahum IBM memperkenalkan komputer pertama. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megahertz (MHz) .

UKURAN WORD, Prosesor pertama disebut “8-bit”, karena data sebesar 8 bit akan membentuk ukuran dari satu “word”. Word adalah ukuran dari berapa banyak bit yang dapat digerakkan dengan satu siklus komputer. Ukuran word adalah hal yang penting karena ia menentukan berapa banyak karakter.
KEKUATAN , Kekuatan komputer dipengaruhi oleh ukuran word dan kecepatan processor. Perbaikan dalam sirkuit processor akan memungkinkan operasi(seperti penambahan perbandingan nilai-nilai data, dan lain-lain) dikerjaan dalam siklus yang lebih sedikit.

Memori
Pada dasarnya data disimpan dalam komputer dengan dua cara :
1.      Memori
2.      Penyimpanan
Memori disebut juga sebagai ruang penyimpanan primer atau random acsess memory (RAM) mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer, dan merupakan barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan.

Ruang Penyimpanan
Untuk komputer mucul dalam banyak bentuk media yang berbeda. Masing-masing memiliki karakteristik yang sesuai untuk tugas-tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat terbagi menjadi dua, yaitu :
1.      Ruang penyimpanan tetap (Fixed storage)
 Adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer contoh : hard drive pada komputer mikro.
2.      Ruang penyimpanan dapat dilepas ( Removable storage)
Adalah yang dapat dilepas dari satu komputer dan dipasang kembali pada komputer lain. Biasanya berbentuk pita, disk, flash drive USB , CD maupun media jinjing lainnya.

Alat-alat Input(Input Device)
Data yang diterima dari manusia (human-captured data) mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor atau interaksi lain yang serupa.
Data yang diterima dari mesin(machine-captured data)-data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis.

Alat-alat Output(Output Device)
Dua alat output yang paling terkenal adalah layar komputer, yang sering disebut monitor dan printer.
Multimedia
Evolusi utama alat input dan output adalah menuju kearah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Sebagai contoh, informasi dalam bentuk teks dapat diproyeksikan ke layar komputer dengan disertai oleh satu gambar atau video. Dan sebagian besar pengguna tidak akan mendapat akses sistem informasi berbasis komputer jika tidak tersedia multimedia.

ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI :
o   Telepon seluler dengan pesan dan video interaktif
o   Telepon seluler cerdas
o   Jaringan Rumah :
 - Pemasangan modem
 -Keamanan Nirkabel
o   Keamanan Komputasi Rumah :
 - Perbaruan
- Virus
-Spyware 

Peranti Lunak
Peranti lunak juga mengalami evolusi. Hal ini mencerminkan semakin banyaknya pendapat yang mengatakan bahwa bantuan komputer adalah bagiam dari proses pengambilan keputusan para manajer modern. Manajer menginnginkan peranti lunak yang mengendalikan alat-alat peranti keras, menjaga keamanan dat, memungkinkan banyak pengguna berbagi sumber daya yang sama, dan dapat dipergunakan tanpa memerlukan pelatihan khusus. Tidaklah tepat berkata bahwa peranti lunak menjadi lebih “mudah digunakan pengguna” ; peranti lunak telah dirancang dengan semakin baik untuk memenuhi kebutuhan dan kemampuan para manajer.



KOMUNIKASI


Kecepatan tranmisi data antarkomputer yang berlangsung melalui sistem telepon publik sering kali lebih lambat daripada ketika komputer tersambung melalui jaringannya sendiri. Protokol untuk komunikasi sistem komunikasi ini tidak harus tinggi. Protokol adalah spesifikasi dalam pemformatan data yang akan diantara peralatan komunikasi.

Koneksi Publik

Protokol-protokol untuk sistem telepon publik dirancang untuk memenuhi kriteria minimum transmisi suara-transmisi analog bermutu rendah dan kualitas yang dibutuhkan untuk komunikasi data secara signifikan lebih rendah daripada yang dibutuhkan untuk transmisi data komputer.

Saluran Pribadi

Adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi. Saluran pribadi yang ditujukan untuk anda disediakan oleh penyedia layanan umum, yaitu perusahaan telepon. Terdapat  dua jenis  saluran pribadi yang populer :
Saluran T-1 : Sering disebut kanal T-1, memiliki kecepatan transmisi maksimum sedikit diatas 1,5Mbps. Biasa digunakan oleh organisasi-organisasi bisnis.
Saluran T-3 : dapat mentransfer data pada kecepatan 43Mbps. Saluran T-3 biasa digunakan oleh para penyedia layanan internet.

Jaringan Pribadi Maya

Menikmati keamanan dan kecepatan saluran pribadi namun tetap dapat mempergunakan jaringan internet yang berbiaya rendah. Jaringan dimulai sebagai koneksi dari dari komputer ke satu terminal yang berada beberapa jarak dari komputer. Terminal tidak memiliki prosessor dan ruang penyimpanan; ia hanya memasukkan dan mengeluarkan data. Pemindahan data komputer ke komputer yang lain lebih sulit untuk dilakukan karena masing-masing komputer memiliki satu sistem operasi yang mengendalikan akses ke sumber-sumber dayanya sendiri. 

Jaringan area lokal (local area network)
Adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnyayang terkoneksi oleh satu media yang sama. LAN mencakup jarak total kurang dari satu setengah mil, dengan jarak di antara dua alat tidak lebih dari 60 kaki.

Jaringan area metropolitan(metropolitan area network)

Adalah satu jaringan yang memiliki batsa jarak fisik sebesar kurang lebih 30 mil. Man merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh suite di dalam satu gedung (seluruh departemen) .

Jaringan area luas ( Wide area network )
Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan alat lainnya ketika jaraknya melebihi batasan LAN dan MAN . WAN menggunakan satu carrier umum, sistem telepon publik.


Internet

Internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dikumpulkan bersama. Internet bersifat umum, setiap orang denggan sebuah komputer dan akses ke media komunikasi akan dapat menjelajahi internet. Keterbukaan ini memiliki keunggulan dan kerugiannya sendiri.

Intranet

Organisasi dapat membatasi akses ke jaringan mereka hanya kepada anggota denggan menggunakan intanet. Intranet, menggunakan protokol jaringan yang sama denggan internet , namun membatasi akses ke sumber daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih dalam organisasi.

Ekstranet

Ketika intranet diperluas untuk mencakup pengguna-pengguna diluar perusahaan, maka disebut sebagai ekstranet. Hanya para pelanggan dan sekutu bisnis yang dipercaya saja yang mampu mendapat akses ekstranet, Karena akses ini mengizinkan kemungkinan penggunaan sistem informasi dan sumber daya komputer yang tidak secara langsung berhubungan denggan komunikasi.

KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

Alat-alat komputasi dan alat-alatkomunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki diantara keduanya

Referensi : Raymond McLeod, George P.Schell ,  Management information systems.
 

0 komentar:

Posting Komentar